Pengenalan Golongan Tumbuhan


Pengenalan Golongan Tumbuhan


Sofia Lailatur Rahmah
Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

ABSTRAK

Pakis haji  atau populer juga dengan nama Cycas sp adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakis haji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae).   Tanaman alamanda termasuk dalam golongan perdu berkayu dengan tinggi yang dapat mencapai 2 meter. Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocus dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir.Pada penelitian kali ini tujuannya yaitu dapat menggolongkan jenis tumbuhan berdasarkan ciri dan taksonominya. Penelitian ini dilakukan di ruang Laboratorium Biologi Universtas Syiah Kuala pada hari Rabu, 3 Desember 2014. Alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum yaitu alat tulis menulis dan Cycas sp, Allamanda sp dan Cocus nucifera. Banyak sekali golongan tumbuhan disekitar kawasan Universitas Syiah Kuala yang dapat ditemukan dan mengetahui bentuk dan ciri-cirinya.
Kata kunci : Cycas sp, Allamanda sp dan Cocus nucifera.

PENDAHULUAN
          Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi tumbuhan adalah Taksonomi. Taksonomi tumbuhan selanjutnya tidak hanya melakukan klasifikasi dan pemberian sama saja, tetapi lebih mengarah pada pengelompokkan yang menyatakan hubungan kekerabatn pada dunia tumbuhan (Nurchayati, 2010: 9).
Cycas sp  adalah salah satu marga dari suku Cycadaceae yang termasuk kedalam kelompok tumbuhan Gymnospermae atau tumbuhan biji terbuka. Sebanyak 99 nama jenis Cycas yang tercatat ada di dunia (Mudiana D, 2009: 167).
Kelapa  (Cocos  nucifera)  merupakan  satu  tanaman  yang  penting  untukmemenuhi  kebutuhan  hidup  manusia.  Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahuimanfaat  dari  bagian  tanaman  kelapa  dan  juga  sebagai  komoditas  strategis  yang memiliki peran sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat Indonesia.Tumbuhan  ini  dimanfaatkan  hampir  semua  bagiannya  oleh  manusia  sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, khususnya bagi masyarakat pesisir  (Pratiwi. M. F, 2013: 102).

METODOLOGI PENELITIAN

Waktu dan Tempat
Praktikum dilaksanakan di Sekitar Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh pada tanggal 03 Desember 2014.

Alat dan Bahan
Alat yang digunakan yaitu alat tulis menulis dan kuadrat, serta bahan yang digunakan yaitu Cycas sp, Allamanda sp, dan Cocus nucifera.
Text Box: Digambar bentuk umum dariText Box: Ditulis nama dan klasifikasi dariMetode Penelitian

 








HASIL DAN PEMBAHASAN


Keterangan: interfase
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Disetujui Asisten Meja



 








Keterangan: interfase
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Disetujui Asisten Meja




 






Keterangan: interfase
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Disetujui Asisten Meja


            Dari hasil pengamatan yang kami lakukan bahwa Cycas sp merupakan tanaman pakis haji dia termasuk golongan Angiospermae yaitu tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Bisa dilihat dari Habitus yaitu tanaman Pakis Haji (Cycas rumphii) termasuk tanaman berbentuk perdu. Dari akarnya yaitu Tanaman Pakis Haji (Cycas rumphii) mempunyai sistem perakaran tunggang. Batangnya yaitu tanaman Pakis Haji (Cycas rumphii) tidak bercabang (monopodial) dan berbentuk bulat (teres) dengan permukaan batang kasar. Pangkal tangkai daun tetap ada pada batang. Pada kulit batang terdapat lendir. Daunnya yaitu bentuk dan ukuran daun pada Cycas rumphii baik jantan maupun betina sama. Daun berupa daun tunggal. Terdiri dari tangkai daun (petioles) dan helaian daun (lamina) berbentuk pita (ligulatus) dan susunan tulang daun dan torehannya berbagi menyirip (pinnatipartitus), tepi daun integer, warna daun hijau tua, pada tangkai daun terdapat duri. Bunganya yaitu Tanaman Cycas rumphii merupakan tumbuhan berkelamin satu (uniseksualis) dan berumah dua (dioecus). Bunganya yaitu terdiri dari dua sporofil yaitu mikrosporofil (jantan) dan megasporofil (betina) yang terkumpul dalam strobilus. Strobilus jantan berbentuk silinder dan tumbuh pada ujung batang. Strobilus betina berbentuk bulat tumbuh dari sela-sela ketiak. Ovulum terdapat pada pinggir carpelum. Strobilus jantan terminalis dengan mikrosporofil berbentuk seperti sisik yang berkayu, dipermukaannya terdapat mikrosporangium. Dari bijinya yaitu Tanaman Cycas rumphii merupakan tumbuhan berkelamin satu (uniseksualis) dan berumah dua (dioecus). Bunga terdiri dari dua sporofil yaitu mikrosporofil (jantan) dan megasporofil (betina) yang terkumpul dalam strobilus. Strobilus jantan berbentuk silinder dan tumbuh pada ujung batang. Strobilus betina berbentuk bulat tumbuh dari sela-sela ketiak. Ovulum terdapat pada pinggir carpelum. Strobilus jantan terminalis dengan mikrosporof berbentuk seperti sisik yang berkayu, dipermukaannya terdapat mikrosporangium. Bijinya yaitu biji Cycas rumphii terdapat pada permukaan carpelum, bentuknya bulat dengan ukuran sebesar telur bebek.
Pada hasil pengamatan tentang Allamanda sp disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Dilihat dari akarnya yaitu berakar tunggang. Batangnya yaitu batang berkayu, silindris, terkulai, warna hijau, permukaan halus, percabangan monopodial, arah cabang terkulai. Daunnya yaitu daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun berhadapan (folia oposita), warna hijau, bentuk jorong, panjang 5 - 15 cm, lebar 2 - 5 cm, helaian daun tebal, ujung dan pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata, permukaan atas dan bawah halus, bergetah. Dilihat dari bunga yaitu bunga majemuk, bentuk tandan (racemus), muncul di ketiak daun dan ujung batang, mahkota berbentuk corong (infundi - buliformis) - berwarna kuning, panjang mahkota 8 - 12 mm, daun mahkota berlekatan (gamopetalus).
 Dilihat dari hasil pengamatan Cocus nucifera yaitu salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku pinang-pinangan (arecaceae). Semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan, mulai dari bunga, batang, pelepah, daun, buah, bahkan akarnya pun dapat dimanfaatkan. Dapat kita lihat dari batang yaitu batang pohon kelapa merupakan batang tunggal, tetapi terkadang dapat bercabang. Tinggi pohon kelapa dapat mencapai lebih dari 30 cm. Daun kelapa tersusun secara majemuk, menyirip sejajar tunggal, berwarna kekuningan jika masih muda dan berwarna hijau tua jika sudah tua. Akar kelapa merupakan akar serabut, tebal dan berkayu yang berkerumun membentuk bonggol. Bunganya merupakan bunga majemuk dan buahnya berukuran besar dengan diameter kira-kira 10-20 cm.
SIMPULAN
Dari hasil praktikum tersebut kami mengamati tentang bentuk dari Cycas sp, Allamanda sp dan Cocus nucifera. Kemudian ada yang tergolong Angiospermae dan Gymnospermae. Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka di mana bijinya tidak tertutup oleh dauh buah.Tumbuhan gymnospermae memiliki alat reproduksi yang berupa bunga strobilus.Pembuahan gymnospermae mengalami pembuahan tunggal. Gymnospermae tidak mempunyai aksesoris bunga. Contohnya : Pakis haji, Belinjo, Jambu mete, dan lain sebagainya. Angiospermae dalah tumbuhan dengan ciri biji tertutup oleh daun buah. Tumbuhan jenis ini juga dibedakan kedalam dua jenis yaitu dikotil dan monokotil. Angiospermae memiliki bunga yang sangat indah.
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan bahwa Cycas sp itu merupakan tanaman pakis haji dia termasuk golongan Angiospermae yaitu tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Allamanda sp disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Dilihat dari akarnya yaitu berakar tunggang. Cocus nucifera yaitu salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku pinang-pinangan (Arecaceae).

No comments:

Powered by Blogger.