Kelas Aves



I.                   Tanggal Praktikum  :  11 April 2016

II.                Judul Praktikum       : Kelas Aves

III.             Tujuan Praktikum    :
Setelah melakukan praktikum mahasiswa diharapkan mampu untuk mempelajari bagian-bagian luar tubuh anggota Aves yang penting untuk diidentifikasikan.

IV.             Dasar Teori                :
Aves merupakan hewan yang paling terkenal karena aktif pada siang hari dan juga aves baik dalam hal memiliki bulu-bulu pada sebagian besar tubuhnya yang berfungsi sebagai penutup tubuh dan juga merupakan ciri khas pada aves (Widyasari, 2014: 22).
Burung memiliki dua pasang alat gerak yaitu alat gerak anterior dan alat gerak posterior. Pada bagian anggota gerak posterior disesuaikan untuk hinggap atau berenang, sedangkan anggota gerak anterior mengalami modifikasi sebagai sayap (Humaini, 2009: 68).
Aves berevolusi selama masa-masa radiasi reptilian yang sangat hebat dan luar biasa pada zaman mesozoikum. Telur amniotik dan sisik pada kaki burung hanyalah dua diantara semua ciri khas reptilian yang dapat ditemukan pada burung (Campbell, 2008: 292).

V.                Alat dan Bahan         :
A.    Alat
-       Alat tulis menulis
B.       Bahan
-       Beberapa jenis anggota aves

VI.             Cara kerja                 :
1.    Diambil preparat yang telah disediakan
2.    Diperhatikan bagian tubuh preparat
3.    Digambar dan diberi keterangan lengkap dari ciri-ciri morfologi preparat yang tersedia
4.    Dibuat deskripsinya

VIII.       Pembahasan
Aves adalah kelompok hewan vertebrata berdarah panas yang tubuhnya ditutupi oleh bulu. Aves merupakan hewan tetrapoda dengan dua pasang anggota gerak, sepasang anterior umumnya mengalami modifikasi menjadi sayap untuk terbang, sepasang di posterior diadaptasikan untuk berjalan, bertengger, berenang, mencengkeram atau memanjat. Kaki berjari empat, tulang kering dan cakar terbungkus sisik dengan kulit yang menanduk.
Mulut dengan paruh yang menonjol diseliputi zat tanduk, dan tidak memiliki gigi. Jantung dengan 4 ruang dengan 2 atrium dan 2 ventrikel. Respirasi dengan paru-paru dan memiliki kantung-kantung udara yang berdinding tipis tersebar diantara organ-organ internal dan sebagian didalam rangka, terdapat kotak suara (syrinx) didasar trakea. Fertilisasi internal, telur ditutupi oleh cangkang yang keras.
Pada praktikum ini telah dilakukan pengamatan terhadap bagian-bagian tubuh beberapa spesies aves. Diantaranya bebek (Anas mosca) dari familia natatores, ayam (Galus galus) dari familia galiformes dan burung merpati (Columba livia) dari familia columbiformes. Ada beberapa tipe paruh pada aves yaitu panjang (jika ukurannya lebih panjang dari pada kepala) biasanya dengan jenis makanan madu, pendek (jika ukurannya lebih pendek dari pada kepala) dengan jenis makanan biji-bijian, berkait (jika bagian atas melengkung menutupi bagian bawah) contohnya pada elang, pipih datar (jika paruh lebih mendatar dari pada meninggi) pada bebek, lurus (bila garis bagian atas dan bagian bawah lurus), bergigi dan berkantung lebar pada burung pelikan. Tipe kaki pada aves dibedakan atas tipe berjalan, bertengger, berenang, mencengkeram atau memanjat. Sedangkan tipe jari dibedakan menjadi tipe runcing dan tipe tumpul. Jenis bulu pada aves yaitu remiges pada sayap, reptrises pada ekor, tertrises diseluruh permukaan tubuh, parapterum dibagian pundak dan alula pada jari-jari sayap.
Bebek (Anas mosca) memiliki bentuk paruh pipih datar hal ini karena adaptasi sesuai untuk mecari makan di tempat becek, berlumpur atau di air. Kaki bebek diadaptasikan sebagai kaki perenang dengan selaput diantara jari-jari untuk memudahkan mencari makanan di air.
Ayam (Galus galus) dan burung merpati (Columba livia) memiliki paruh pendek yang cocok untuk jenis makanannya yaitu untuk memecah biji-bijian. Bentuk kaki ayam memiliki empat jari dengan tiga jari kaki ke depan satu ke belakang yang untuk berjalan. Sedangkan pada burung merpati kaki digunakan untuk bertengger.

IX.             Kesimpulan
1.        Aves adalah kelompok hewan vertebrata berdarah panas yang tubuhnya ditutupi oleh bulu.
2.        Aves memiliki dua pasang anggota gerak, sepasang anterior umumnya mengalami modifikasi menjadi sayap, sepasang posterior untuk berjalan, bertengger, berenang, mencengkeram atau memanjat.
3.        Respirasi dengan paru-paru dan memiliki kantung-kantung udara yang berdinding tipis.
4.        Tipe paruh pada aves yaitu panjang, pendek, berkait, pipih datar, lurus, bergigi dan berkantung lebar.
5.        Tipe kaki pada aves dibedakan atas tipe berjalan, bertengger, berenang, mencengkeram atau memanjat.
6.        Jenis bulu pada aves yaitu remiges, reptrises, tertrises, parapterum dan alula.
7.        Bebek (Anas mosca) memiliki bentuk paruh pipih datar karena adaptasi sesuai untuk mecari makan di tempat becek, berlumpur atau di air.
8.        Kaki bebek diadaptasikan sebagai kaki perenang dengan selaput diantara jari-jari untuk memudahkan mencari makanan di air.
9.        Ayam (Galus galus) dan merpati (Columba livia) memiliki paruh pendek yang cocok untuk jenis makanannya yaitu biji-bijian.
10.    Bentuk kaki ayam untuk berjalan. Sedangkan pada burung merpati kaki digunakan untuk bertengger.

X.                Daftar Rujukan         :
Campbell, N. 2008. Biologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Humaini, R. 2009. Identifikasi Jenis dan kelimpahan Burung Diurnal di Kawasan Wisata Hutan Lindung Gunung Gedambaan Desa Gedambaan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kota Baru. Jurnal Wahana Bio. Vol.2(3): 66-73.

Widyasari, K. 2014. Kajian Jenis-Jenis Burung di Desa Ngades Sebagai Dasar Perencanaan Jalur Pengamatan Burung. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol.4(2): 22-31.

            Klasifikasi
1. Bebek
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Ordo: Anseriformes
Family: Anatidae
Genus: Anas
Species: Anas moscha

2.      Ayam
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Ordo: Galiformes
Family: Phasianidae
Genus: Gallus
Species: Gallus gallus

3.      Merpati
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Ordo: Columbiformes
Family: Columbidae
Genus: Columba
Species: Columba livia

No comments:

Powered by Blogger.