Tips Belajar Bahasa Inggris

hello there! it's been a while i'm not posting here.

postingan kali ini aku mau sedikit cerita, aku bukan orang yang bisa dibilang ahli banget dalam berbahasa Inggris, tapi berkali-kali dapat pertanyaan
"sof les english dimana?
"lu belajar english gimana sih? kok bisa gitu ngomong gapake mikir dulu?
"sofi bagi ilmu ihh
"sof mau dong belajar english sama kamu
and so on ..

padahal ya sampe sekarang english-ku juga ngga bagus bagus banget.

sampai beberapa waktu belakangan pertanyaan itu makin sering aku dapet dari temen sekampus, sekegiatan, bahkan beberapa messages di social media

honestly kalau disuruh jawab aku sangat bingung karna emang ngga pernah kursus ataupun les, bahkan belajar rutin juga ngga. but lucky you who read this. disini aku akan sharing beberapa tips yang beberapa diantaranya aku lakukan untuk belajar dulu, here we go!

beberapa waktu yang lalu aku nemu twitt mba Sasi Kirana (kalian bisa cek akunnya di http://twitter.com/sasisudibyo) dan aku rangkum disini untuk memudahkan kalian.

Selamat membaca! ^^

Lagi rame-rame soal Bahasa Inggris yah?
Boleh share tips belajar Bahasa Inggris tanpa kursus ngga?
Tips ini mungkin efektif bagiku dan beberapa orang tapi belum tentu buat yang lain yaa. Misalnya yang anggep haram cara ini.
Maap.

Manfaat yang ku dapet dari metode ini lebih ke fluency sih, kefasihan. Walopun aksenku ya standar US aja ndak yang UK gitu.
Berhubung aku suka musik dan seneng nyanyi. Jadi media pembelajaran pertamaku ke Bahasa Inggris adalah melalui lagu. Duluuu banget yang paling basic ya Twinkle-twinkle Little Star.
Gede dikit diajarin Que Sera, Sera.
Pas udah bisa milih lagu sendiri, ya mulai kenal lagu-lagu Top 40 pada jamannya. Ditambah lagu-lagu Evergreen koleksi Mama.

Tadinya aku pun nggak sadar lagi belajar. Sampe ada bule yang nanya "You speaks very well, where do you learn?" Nahlo. Ya di sekolah kan ada ya pelajaran Bhs Inggris, diajarin juga sama kaya yang di sekolahan lain.
Baru deh kepikiran. Iya yah? Dari mana bisanya? Ternyata dari mendengarkan lagu dan menyanyi sodara-sodara. Seneng kan belajar tapi nda kerasa😅

Step 1. Dengarkan lagunya dan bernyanyilah sekedengeranmu!
Dulu waktu denger lagunya MLTR yang Paint My Love, aku dengernya "Pick my love". But I sang it anyway. Nyanyi aja persis kaya yang didenger. Sedengernya aja. Sambil nikmatin musiknya.

Step 2. Cari Liriknya!
Setelah nyanyi sampe mulut perot diulang-ulang melulu, lama-lama ku penasaran. "
Iki lagu maksude opo?" Mulailah nyontek di cover albumnya. Dulu mah komplit kalo kaset kaya gitu pasti ada teks liriknya. Dibaca-baca sampe buluk dan sobek-sobek itu sampul album.
(Kalo jaman now sih, bisa cari di google yah. Tapi Step 1 jangan di skip ya. Step 1 ternyata berguna buat ngelatih kuping: Listening. Step 2 fungsinya buat mengkonfirmasi) Ehe~

Step 3. Sing it right!
Nah, kan udah tau tuh lirik yang sebenernya. Sekarang dicocokin deh antara bunyi sama kata-katanya. "Ooh, Obvious tuh bilangnya oviyes. Honesty tuh bilangnya anesti."

Step 4. Cari Arti Lagunya!
Buka kamuus, google translator, dan google pada umumnya (untuk cari idiom atau phrase tertentu yang wagu kalo diterjemahin google translator). Ini fungsinya buat nambah vocab, perbendaharaan kata.

Step 5. Perhatikan Grammar-nya!
Ya walopun kadang di lagu (terlebih lagu rap dan RnB) tuh grammarnya suka ngaco. Seenggaknya membantu kalo pas bingung habis have/ have been tu pakenya verb berapa Lagu-lagu pop jadul biasanya lebih tertib grammarnya.

Step 6. SPEAK!
Bahasa tu ya ngapain kan kalo ngga dipake, wong fungsinya buat alat komunikasi. Ya ngomongo! Ajak ngomong bule random di stasiun/ bandara, temen atau pacar (bikin english day), ini melatih kefasihan.
Dibilang SKSD? Bodoamat!

Dan kalo kita beruntung nemu bule dari berbagai negara, kita jadi bisa merhatiin aksen atau logat mereka. Ini berguna kalo nanti tes IELTS yang listeningnya bahasa Inggris dari macem-macem negara.

Jangan pernah takut salah ngomong bahasa Inggris. Ndak dosa. Asal ngomongnya ndak buat nipu ya. Pede aja. Kesrimpet lidahnya ya biar. Bule biasanya paham Inggris bukan bahasa ibu kita, jadi lebih maklum kalo kita bikin salah 😂

Demikianlah step by step tips belajar Bahasa Inggris tanpa kursus, murah, menyenangkan dan berisik.

kalau ingin ngecek ke twitter, monggo! ada reply-an yang dijawab mba sasinya langsung.

That's all. semoga bermanfaat!

No comments:

Powered by Blogger.