Saturday, February 3, 2018

Pengenalan Divisio Pinophyta (Gymnospermae)



I.                   Tanggal Praktikum  :  18 Maret 2016

II.                Judul Praktikum       : Pengenalan Divisio Pinophyta (Gymnospermae)

III.             Tujuan Praktikum    :
Setelah melakukan praktikum diharapkan mampu mengetahui dan mengenal divisio Pinophyta.

IV.             Dasar Teori                :
Sifat utama dari divisio pinophyta adalah bijinya telanjang yang tumbuh kurang lebih terdedah di udara pada permukaan dari sisik rujung (strobilus) atau pada tangkai diantara daun (Moertolo, 2005: 27).
Cycas adalah keturunan tanaman purba dengan catatan fosil yang membentang setidaknya 280 juta tahun. Mereka pernah sangat umum disebagian besar planet dan kelompok tanaman promi komponen di era dinasaurus (Conway, 2013: 2).
Cycas circinalis L. adalah familia cycadaceae. Tanaman keluarga cycadaceae diketahui bermanfaat sebagai obat salah satu dari lima spesias cycas daunnya bermanfaat untuk penghambatan sitokrom p-420 aromatase untuk digunakan dalam pengobatan tumor estrogen. Tunas terminal dianggap sebagai astrigent dan diuretik. Cycas batang dan bijji yang diketahui digunakan untuk tekanan drah tinggi, sakit kepala, hidung, rematik dan nyeri tulang  (Raveesha, 2013: 53).


V.                Alat dan Bahan         :
A.    Alat
-       Alat tulis menulis
-       Kertas pengamatan
B.       Bahan
1.    Pinus (Pinus merkusii)
2.    Melinjo (Gnetum gnemon)

VI.             Cara kerja                 :
1.        Diambil tumbuhan pinus (Pinus merkusii) kemudian dilakukan:
a.    Dilakukan determinasi
b.    Dibuat deskripsi
c.    Digambarkan:
-       Cabang lengkap, diperhatikan ikatan daunnya
-       1 strobilus jantan
-       1 mikrosporofil, dilihat dengan mikroskop bedah
-       1 strobilus betina
-       1 sisik runjung dengan biji yang bersayap
2.        Diambil tumbuhan melinjo (Gnetum gnemon) kemudian dilakukan:
a.    Dilakukan determinasi
b.    Dibuat deskripsi
c.    Digambarkan:
-       Cabang lengkap
-       Perbungaan jantan
-       1 bunga jantan dilihat di bawah mikroskop stereo
-       Perbungaan betina
-       Penampang memanjang ovule atau biji yang muda, dilihat dengan mikroskop stereo. Diperhatikan bagian-bagian dari luar ke dalam: perigonium integumen luar, integumen dalam dan nuselus
-       Integumen dalam membatasi mikrofil disebelah atas

VIII.       Pembahasan
Dari hasil praktikum yang telah dilakukan maka dapat kita ketahui bahwa tumbuhan berbiji dapat dibagi menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) disebut juga dengan tumbuhan berbiji telanjang. Jadi tumbuhan dari divisi phynophyta adalah tumbuhan berbiji telanjang yang bijinya tumbuh pada permukaan dari sisik tunjang (strobilus) atau pada tangkai yang terletak diantara daun-daun.
Habitus dari divisi pinophyta bervariasi yaitu semak, perdu, herba dan pohon, namun umumnya merupakan pohon (tumbuhan berkayu). Penyerbukan pada tumbuhan gymnospermae selalu terjadi dengan bantuan angin atau disebut anemogami. Pada praktikum kali ini preparat yang diamati yaitu pohon pinus (Pinus merkusii) dan juga pohon melinjo (Gnetum gnemon).
Pengamatan pertama dilakukan terhadap tumbuhan melinjo (Gnetum gnemon) dari familia gnetaceae. Daun melinjo merupakan macam daun tunggal yang letak daunnya berhadapan berbentuk obatus, elips sampai dengan urat daun yang menyirip. Tepi daun yang rata, memiliki ujung daun yang meruncing. Bunga atau perbungaan pada melinjo disebut strobilus. Sistem perakaran tumbuhan melinjo merupakan perakaran tunggang.
Perbungaan atau strobilus pada melinjo (Gnetum gnemon) berbuku-buku, pada setiap buku terdapat kupula yang dibentuk dari sisik braktea yang bersatu. Pada perbungaan atau strobilus jantan pohon melinjo terdiri atas buku satu lingkaran dengan bunga steril disebelah atas dan bawahnya terdapat beberapa lingkaran bunga jantan. Sedangkan pada setiap buku dari strobilus betina hanya terdapat satu lingkaran bunga-bunga betina. Pada buah melinjo terdapat bgian-bagian yang antara lain namanya yaitu integumen luar, integumen dalam, nuselus dan gametofit betina.
Pada pengamatan selanjutnya yaitu terhadap preparat tumbuhan pinus (Pinus merkusii). Familia dari tumbuhan ini yaitu pinnaceae. Daun pinus merupakan jenis daun tunggal yang letak daunnya berbentuk seperti jarum yang tersebar, dengan pangkal daun tumpul dan ujung daunnya yang runcing. Tepi daun yang rata, memiliki daging daun seperti perkamen. Buahnya merupakan buah tunggal sejati karena satu buah hanya memiliki satu biji. Tumbuhan pinus memiliki sistem perakaran tunggang. Bunga tumbuhan pinus belum sempurna. Macam perbungaan pada pinus disebut strobilus, terdapat strobilus jantan dan strobilus betina. Strobilus betina yang matang berbentuk sisk runjung.

IX.             Kesimpulan
1.        Tumbuhan berbiji dapat dibagi menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
2.        Tumbuhan dari divisi phynophyta adalah tumbuhan berbiji telanjang yang bijinya tumbuh pada permukaan dari sisik tunjang (strobilus).
3.        Habitus dari divisi pinophyta bervariasi yaitu semak, perdu, herba dan pohon.
4.        Penyerbukan pada tumbuhan gymnospermae selalu terjadi dengan bantuan angin atau disebut anemogami.
5.        Strobilus melinjo (Gnetum gnemon) berbuku-buku, pada setiap buku terdapat kupula yang dibentuk dari sisik braktea yang bersatu.
6.        Daun melinjo merupakan daun tunggal yang letaknya berhadapan berbentuk obatus, elips sampai dengan urat daun yang menyirip.
7.        Daun pinus merupakan daun tunggal yang berbentuk seperti jarum yang tersebar.

X.                Daftar Rujukan         :
Conway, S. 2013. An introduction of Gymnosperm. Jurnal University of Melbourne. Vol.70(4): 2-6.

Moertolo, A. 2005. Tumbuhan Berbiji Terbuka. Malang: UNM.

Raveesha. 2013. Antibacterial Activity of Cycas cirnalis L. Ovules A Naked Seedes Gymnosperm. Jurnal of Biology. Vol.1(3): 53-56.

Klasifikasi
1.             Pinus
Kingdom: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Coniferopsida
Ordo: Coniferales
Famili: Pinaceae

Genus: Pinus

Spesies: Pinus merkusii
2.             Melinjo
Kingdom: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Gnetopsida
Ordo: Gnetales
Famili: Gnetaceae
Genus: Gnetum

Spesies: Gnetum gnemon

No comments:

Post a Comment